Formasi Dan Strategi Jitu Dalam Sepak Bola Contemporary

Ada empat pemain bertahan yang dibantu dua gelandang bertahan, dan penyerang tunggal dibantu tiga gelandang serang. Formasi ini varian dari formasi dasar 4-4-2, dan digunakan intensif oleh Arrigo Sacchi saat melatih AC Milan dan pelatih tim nasional Brasil Mario Zagalo. Kurangnya lebar lapangan – Gelandang model diamond di posisikan untuk bermain lebih di tengah.

Gelandang bertahan dalam skema tiga bek kembali mendapatkan tugas yang jauh lebih sederhana, daripada gelandang bertahan di skema empat bek. Untuk kesekian kalinya posisi awal tiga pemain di belakang ternyata sangat membantu ketika dalam fase menyerang. Jika skema empat bek cukup tersiksa dalam fase transisi negatif, hal serupa tidak dialami oleh skema tiga bek. Jumlah tiga pemain di belakang sangat ideal untuk mendapatkan keseimbangan dalam fase ini.

Secara sadar ataupun tidak, akhir-akhir ini kita akan lebih sering mendapati sebuah tim sedang dalam problem untuk menyeimbangkan antara fase menyerang dengan fase bertahan. Dalam usaha untuk memperluas area sirkulasi bola tersebut, di skema empat bek sering kita lihat dilakukan dengan cara satu gelandang bertahan turun membelah dua bek tengah yang akan bergerak lebih melebar.

Untuk menemukan racikan formasi sepak bola terbaik, Kamu harus memahami semua formasi dalam permainan sepak bola mulai dari formasi penyerangan sepak bola hingga formasi pertahanan sepak bola yang kokoh. Tentu kita masih ingat bagaimana ganasnya Aji Santoso dan Anang Maruf ketika melakukan overlap sampai kotak penalti lawan, dan Persebaya masih tetap solid dengan tiga pemain di belakang yang dilapisi dua gelandang bertahan. Yang tidak kalah menguntungkan juga adalah eksekusinya yang sangat simpel karena tidak banyak pertukaran posisi.

Dua pemain tengah yang harusnya terus bergerak untuk menutup ruang kosong pun seperti lupa tugasnya ketika menyerang. Situasi ini membuat tim menjadi lebih mudah dibobol dari serangan balik.

Variasi lain yang bisa kita temukan adalah dengan satu gelandang bertahan turun ke salah satu sisi samping lapangan, sedangkan salah satu bek tengah bergeser ke sisi samping yang lain. Kedua variasi tersebut sama-sama membentuk tiga pemain di belakang yang posisinya juga mengisi lebar lapangan. Dengan posisi yang seperti ini, sangat cocok digunakan untuk bermain sepakbola yang baik. Keseimbangan antara bek, pemain tengah, gelandang dan penyerang tidak diragukan lagi. Mungkin dari semua tim yang menggunakan strategi ini, hanya PSM Makassar yang berhasil menerapkannya dengan baik.

Dengan adanya dua gelandang dengan visi permainan dan kualitas bertahan yang baik sekelas Marc Klok dan Rizki Pellu, membuat seluruh area di lini tengah mereka dapat terlindungi dari serangan balik. yang kerap dipasang membantu penyerangan lebih sering telat menutup ruang yang ia tinggalkan.

Berbeda dengan “flat” murni yang memiliki dua sayap murni, dalam “diamond” gelandang sayap bermain di posisi yang relatif ke dalam. Akibatnya sisi sayap praktis hanya di kuasai dan difasilitasi oleh bek sayap. Yang mana 1 playmaker ini memiliki tugas khusus untuk menyuplai bola-bola manja untuk kedua striker yang berada di dipannya.

sementara untuk pertahanan sudah ada 3 gelandang yang bertugas memangkas serangan-serangan dari lawan. Apabila tim sudah mencetak gol cukup banyak, secara otomatis tim lawan akan melakukan penyerangan dan membalas ketinggalan. Maka dari itu, tim hanya perlu bertahan hingga pertandingan berakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *