Transformasi Strategi Sepakbola

Jika ada seorang pemain lawan yang dirasa aman dan tak memerlukan penjagaan ketat, maka kita bisa meninggalkan penjagaan untuk kemudian membantu teman bek lainnya untuk menghalau pemain tim lawan yang lebih berbahaya. Dengan fleksibilitas itu jugalah, maka pemain bertahan dapat dengan leluasa bergerak dalam lapangan. Dalam formasi 4-3-3, peran dua bek sayap menjadi lebih krusial untuk bergerak ofensif.

Dalam formasi ini, dua gelandang melindungi empat bek sekaligus mendikte permainan dari kedalaman melalui operan-operan pendek maupun panjang. Posisi dua gelandang membuat bek tidak khawatir untuk naik lebih tinggi dan membangun serangan. Salah satu dari dua gelandang ini sering disebut berperan seperti quarterback dalam permainan American Football. Tak ada lagi istilah ‘asal sapu bersih’, karena dari pertahanan, serangan justru dibangun. Formasi ini menyediakan keseimbangan dalam menyerang dan bertahan.

Sementara di sektor tengah, dua dari tiga gelandang memiliki tugas lebih dalam membangun serangan. Formasi ini dipandang sebagai jalan terbaik sebuah tim untuk hadirkan keseimbangan dalam permainan. Dari susunannya, banyak yang mengira bahwa otak dari formasi ini ada di kedua sisi lapangan.

Martinez mengambil risiko itu, karena memang memiliki sederet pemain jenius seperti Eden Hazard dan Kevin de Bruyne. Formasi justru bagian dari ikhtiar untuk menambal kelemahan dua posisi full back sekaligus mengeksploitasi kekuatan tiga bek tengah yang dikomandani Vincent Kompany. De Bruyne jika tidak diletakkan di belakang Romelu Lukaku bersama Hazard, ditempatkan di tengah sebagai bagian double pivot bersama Axel Witsel untuk menghubungkan alur serangan dari belakang. sekaligus maju membantu lini depan.

Dalam menyerang dengan mencari ruang kosong, tujuan utamanya adalah agar pemain dapat melakukan operan terobosan ke dalam area lawan dan juga penyerangan pun berjalan sempurna. Hanya saja pada saat dilihat praktiknya, penjagaan yang diterapkan justru jauh lebih fleksibel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *